Cari Blog Ini

Senin, 13 Desember 2010

Just Relax

Just Relax..
Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan inspirasi dari kata-kata seorang pembicara. Tips yang bermanfaat bagi saya. Namun rasanya kurang bila tidak di share di blog ini. So, selamat membaca. Semoga bermanfaat.



Pernahkah anda mengalami kondisi dimana anda terjebak dalam situasi buruk yang berada di luar kendali kita? Lalu mencemaskan hal-hal yang belum terjadi? Katakanlah suatu saat kita terjebak macet saat akan berangkat kerja, lalu pikiran kita mulai dipenuhi self-talk(dialog internal) seperti: “Aduh gawat, nanti aku dimarahi bos..Aduh gawat, nanti aku terkena sanksi…Aduh gawat, nanti… dll”

Demikianlah berbagai ketakutan berputar-putar di pikiran kita. Dan tentunya kita tidak ingin hal-hal yang kita takutkan itu benar-benar diwujudkan oleh pikiran kita. Di lain sisi, kita tidak berdaya untuk men-stop pikiran-pikiran negatif tersebut. Akhirnya yang sebenarnya tidak ada apa-apa, tapi kita sudah stress oleh pikiran kita sendiri.

Lalu harus bagaimana?

Kuncinya hanya satu…

Just Relax

Setiap kali pikiran negatif tersebut “berteriak-teriak” di kepala kita, lakukan langkah berikut:

Perintahkan diri untuk rileks. Tarik nafas panjang, hembuskan perlahan. Rasakan setiap tarikan nafas membuat anda semakin rileks. Lakukan berulang kali sampai tubuh anda benar-benar rileks
Amatilah pikiran-pikiran negatif yang muncul. Cukup amati, jangan terpengaruh. Posisikan diri anda sebagai penonton/pengamat.
Katakan dalam hati bahwa itu semua tidak nyata
Ganti gambaran-gambaran negatif tersebut dengan gambaran yang positif, sambil dalam keadaan diri yang rileks.

Atau kalo tidak mau repot, cukup katakan pada diri anda untuk rileks sambil bernapas yang panjang dan dalam.


Sering kali kita menjadi cemas berlebihan terhadap berbagai hal. Padahal belum tentu kecemasan-kecemasan terebut benar-benar terjadi. Kecuali pikiran kita lah yang membuatnya benar-benar terjadi akibat kita memikirkan hal-hal buruk itu berulang-ulang. Mari kita belajar untuk menjalani hidup dengan lebih rileks.

Bagi saya pribadi, tips tersebut sangat bermanfaat. Saya termasuk orang yang suka cemas berlebihan. Dan kini saya belajar untuk lebih rileks. Dan hasilnya hidup ini terasa lebih lega dan lebih menyenangkan. Dan saya percaya, ketika kita menjalani hidup ini dengan rileks, enjoy, dan bahagia, akan ada banyak hal-hal baik yang akan terjadi pada kita. :)

Kuncinya satu:

Just Relax

Dan rasakan kedamaian yang muncul dalam diri kita



Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar