Cari Blog Ini

Senin, 13 Desember 2010

Jangan Biarkan Pot Anda Pecah

Halo teman…Bagaimana kabar anda di tahun yang baru ini? Bagaimana acara perayaan tahun baru anda kemarin? Apakah menyenangkan?

Dalam artikel kali ini, kita akan membicarakan pot. Apanya yang menarik dari sebuah pot?


Bayangkan ada sebuah pot. Lalu anda menanam sebuah bibit pohon di dalamnya. Anda menyiraminya. Memupuknya, dan merawat tanaman itu dengan baik. Bibit pohon itu pun tumbuh perlahan.

Oh ya, Beberapa tahun belakangan memang sedang gencar-gencarnya gerakan ‘Go Green’ alias penghijauan. Hal ini berkaitan dengan pemanasan global yang semakin parah. Timbul kesadaran masyarakat untuk mulai melestarikan lingkungan. Mobil-mobil ramah lingkungan semakin banyak bermunculan. Demikian pula perumahan yang menggusung tema ‘Go Green’. Jadi jangan merasa aneh bila saya menyuruh anda membayangkan menanam pohon. :)

Kembali ke pohon yang tadi. Pohon itu terus tumbuh dari waktu ke waktu. Tahun demi tahun berlalu. Menurut anda apa yang terjadi? Ya, pohon itu akan terus membesar. Pada suatu waktu, pohon itu akan menjadi sangat besar melebihi ukuran pot. Dan pot tersebut akhirnya pecah.

Itu adalah sebuah perumpamaan. Pohon mewakili zaman dan pot mewakili diri kita. Seperti pohon yang terus tumbuh, zaman pun terus berkembang…tanpa peduli apakah kita siap atau tidak menghadapi perubahan zaman tersebut.

Perubahan zaman akan mempengaruhi setiap aspek hidup kita, termasuk bisnis. Persaingan akan semakin ketat. Orang yang tidak siap menghadapi perubahan zaman akan tergilas seperti pot yang pecah. Itu terjadi pada orang yang tidak mau bertumbuh.

Berbeda halnya bila kita terus memperbesar ukuran pot kita. Dalam artian, kita terus belajar dan mengembangkan diri kita tanpa henti. Terus menjadi lebih baik dari hari ke hari. Bukan hanya bisa mengejar kemajuan zaman, kita pun bisa menjadi manusia yang unggul.

Masih dalam suasana tahun baru, mari kita memutuskan untuk berubah…menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih maju. Mari kita isi tahun 2010 dengan berbagai kemajuan dan prestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar